Friday, March 20, 2009

MANIAK facebook, RENTAN KANKER-STROKE

Kebiasaan memperkaya hubungan sosial via situs pertemanan perlu diwaspadai. Hasil riset pakar dari Inggris, jika para pecinta laman jaringan pertemuan di dunia maya-misalnya, Facebook (FB) ataupun Friendster (FS), itu sampai mecandu, dampaknya bisa buruk bagi kesehatan. Bergaul di kehidupan nyata tetap lebih baik.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di BIOLOGIST, jurnal terbitan The Institute of Biology, Inggris, Dr Aric Sigman memaparkan bahwa kebiasaan bergaul via situs pertemanan berpotensi mengurangi sosialisasi antarmanusia di kehidupan nyata. Itulah kemudian yang berdampak pada sisi biologis manusia. Diantaranya, mengubah alur kerja gen, menghambat respons sistem imun, tingkat hormon, dan fungsi arteri serta memengaruhi kondisi mental. Buntutnya, hal tersebut potensial menyebabkan meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan dementia (semacam kelainan jiwa).

Sigman sudah lama memperhatikan gejala sistem seperti itu, khususnya di Inggris yang menjadi lokasi penelitiannya. Dari pengamatannya sejak 1987, interaksi manusia "face to face" kian menurun. Apalagi sejak media elektronik berkembang pesat dan mengurung banyak manusia dalam kesenangan pribadi dan individual. E-mail ataupun SMS lebih disukai sebagai alat interaksi pengganti diri.




Hal utama jelas Sigman, penggunaan media-media elektronik untuk berkomunikasi itu sendiri. kemampuan sosialisasi manusia makin tergerus , begitu juga dalam memahami bahasa tubuh lawan bicara.

Sigman juga memperkirakan, hingga dua dekade mendatang, intensitas percakapan antara 2 manusia atau berkelompok akan makin berkurang.
dO you waNt tO kNoW more [just click here]…

1 comment:

  1. thx chiby atas infonya, ni jadi slah satu inspirasi sy lho. heuheu....
    mdh2n tmn2 yg laen jg bs dpt manfaatnya dari info ini..
    @_@"
    Wwww...

    ReplyDelete

.:: cOntent ::.

.:: mint's musiiic ::.

.:: cuap... cuap ::.

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Template by: Free Blog Templates